Tips Kesehatan: Cara Menghilangkan Ketombe

Tips Kesehatan: cara menghilangkan ketombe secara alami – buat kawan-kawan yang sering dibuat pusing oleh masalah ketombe ini, yaitu ketombe kali ini saya akan berbagi tips menghilangkanya. Ketombe ini sering membuat rasa percaya diri kurang karena membuat kita seakan kurang bersih. Ada beberapa cara dibawah ini yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan ketombe ataupun mencegahnya.

Ada beberapa faktor yang membuat ketombe mudah muncul dan sulit dihilangkan diantaranya adalah karena adanya micro orgaisme penyebab ketombe, kulit berminyak, kulit kepala kurang bersih dan lain sebagainya. Sobat bisa coba tips kesehatan berikut ini:

1. Gunakan Shampo yang tepat
Shampo sangat berpengaruh terhadap kulit kepala agar terhindar dari ketombe. Pastikan anda memilih shampo yang tepat dengan melihat kandunganya yang berupa Zinc Pyrithione, Tea-tree Oil, Teh Hijau, dan ketoconazole. Zat tersebut dapat menghilangkan ketombe.

2. Keramas dengan benar dan teratur
Keramas yang baik yaitu dengan membilas sampai bersih agar sisah shampo tidak tersisiah di kulit kepala. Pastikan juga anda keramas secara teratur karena hal ini dapat mencegah akumulasi sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala. Ada baiknya anda mencuci rambut minimal dua atau tiga kali seminggu. Gunakan shampo herbal dan shampo pengobatan ketombe untuk hasil yang lebih baik.

3. Gunakan Kondisioner dengan benar
Banyak kesalahan dalam menggunakan kondisioner, umumnya mereka yang tidak tahu menggunakan pada kulit kepala. Hal tersebut adalah kurang tepat, pemakaian kondisioner yang baik yaitu pada ujung rambut, bukan di kulitnya. Sesudah itu pastikan anda mencuci bersih sisa kondisioner di rambut karena jika kurang bersih, rambut bisa semakin ketombean.

4. Konsumsi Vitamin B Kompleks
Vitamin B dapat secara aktif dapat memberikan efek untuk mengendalikan kemunculan ketombe. Untuk mendapatkan asupan vitamin B kompleks ini anda bisa mengkonsumsi banyak-banyak sayuran hijau, telur, dan protein. Dengan rajin mengkonsumsi Vitamin Bkompleks anda dapat memperkuat akar rambut dan juga mencegah ketombe muncul kembali.

Cara Pengobatan Lainya:

1. Menggunakan Jeruk Nipis.

Jeruk nipis dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi. Selain bisa mengendalikan sebum di kepala, jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau.

Caranya : Potong jeruk nipis searah serat pusatnya, oleskan potongan jeruk nipis di kulit kepala, terutama di daerah berketombe, pijat pelan, diamkan lebih kurang 15 menit. Lalu keramas seperti biasa dengan shampo yang sesuai jenis rambut dan cocok dengan kulit kepala.

2. Menggunakan Santan Kelapa.

Santan kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi antibakteri dan vitamin Cnya mampu menghilangkan ketombe. Bahkan bisa menghambat pertumbuhan uban alias rambut akan hitam berkilau lebih lama.

Caranya : Setengah butir kelapa tua, diparut, peras, ambil airnya. Seperempat buah nanas mengkal, diparut, ambil airnya. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya. Campur semua bahan diatas, biarkan selama 15 menit. Jika keramas dengan ramuan ini seminggu sekali iAllah ketombe akan hilang.
3. Menggunakan Kangkung.

Caranya : ambil kangkung 2 sampai 3 genggam, kemudian dirajang kecil-kecil. Setelah kangkung di rajang, rendam potongan kangkung tersebut selama semalam sampai air rendamannya berwarna kebiru-biruan. Setelah itu pisahkan air dengan kangkungnya. Oleskan air kangkung tersebut ke kepala 2 sampai 3 kali. Biarkan 15 menit baru dibilas sampai bersih. Jika ada ketombe, pada saat di oleskan kulit kepala akan terasa perih. Agar hasil lebih maksimal gunakan setiap hari jika anda ingin sembuh.

Demikian tips seputar cara menghilangkan ketombe. Lakukan hal diatas secara teratur dan telaten agar mendapat hasil yang memuaskan.

About beritasatu

An ordinary student which like to write and share information with writing.
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s